Cara Disable Keyboard Laptop - Cara disable atau banyak orang menanyakan cara mematikan keyboard, cara menonaktifkan keyboard cara uninstall keyboard internal laptop adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah kerusakan keyboard pada laptop/netbook. Ada beberapa permasalahan yang timbul pada keyboard laptop/netbook/notebook diantaranya, salah satu tombol keyboard tidak bisa digunakan atau beberapa tuts tidak dapat berfungsi untuk mengetik atau tombol keyboard menekan sendiri ketika laptop dihidupkan. Persoalan seperti ini sudah banyak yang mengalaminya termasuk dua netbook yang saat ini sedang dikerjakan oleh Teknisi Komputer Denpasar.


Kedua netbook yang sedang diperbaiki Teknisi Komputer Denpasar itu adalah Axioo dan Asus. Keduanya mempunyai persoalan yang sama yaitu ketika laptop dihidupkan terdengar bunyi pertanda tuts keyboard tertekan secara otomatis dan beberapa tuts keyboard tidak berfungsi untuk mengetik. Oleh karena beberapa key pada kedua laptop tersebut tidak berfungsi dan sudah dicoba diperbaiki namun kembali lagi pada kerusakan yang sama, maka Teknisi Komputer menyarankan untuk mengganti keyboard external. Bila anda ingin memperbaiki terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengganti dengan external keyboard, silahkan baca artikel Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang sudah dilengkapi dengan videonya. Bingung melepas tombol keyboard, silahkan baca juga artikel Cara Melepas Tombol Keyboard Laptop. Kedua netbook tersebut berbeda dalam menggunakan sistem operasi, yaitu pada netbook Axio menggunakan OS Windows XP, sedangkan pada netbook Asus menggunakan OS Windows 7. Bagi yang memiliki OS Windows 7 sebaiknya membaca artikel Cara Disable Internal Keyboard Netbook di Windows 7.

Persoalannya pun muncul ketika keputusan untuk mengganti keyboard internal netbook dengan keyboard external, karena driver untuk keyboard internal tidak bisa di disable maupun diuninstall, meskipun sudah berhasil di uninstall, namun ketika laptop di restart atau dihidupkan ulang dari awal, maka driver keyboard internal akan secara otomatis terinstall. Untuk mengatasi persoalan tersebut maka ikuti cara berikut ini untuk me-disbale keyboard internal dan menggantinya dengan keyboard external.

Cara Disable/Menonaktifkan Keyboard Netbook


1. Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties
2. Klik pada tab Hardware dan Device Manager
3. Klik tanda + (plus) pada Keyboards, selanjutnya klik kanan pada Standard 101/102-key or Microsoft Natural PS/2 Keyboard dan klik Update Driver

Cara Disable/Nonaktifkan Keyboard Internal Laptop
 
 4. Pilih pada Install from a list or specific location (Advance) dan klik Next

Cara Disable/Nonaktifkan Keyboard Internal Laptop

5. Klik pada Don't search. I will choose the driver to install selanjutnya klik Next

Cara Disable/Nonaktifkan Keyboard Internal Laptop

6. Hilangkan tanda centang pada tulisan Show compatible hardware. Selanjutnya pilih salah satu driver yang INCOMPATIBLE atau tidak kompatible/tidak sesuai dengan keyboard internal yang terpasang. Oleh karena Netbooknya adalah Axioo maka pilihlah driver dengan merek selain Axioo, misalnya Acer, Compaq, Samsung, dan lain-lain. Sebagai contoh di sini saya memilih driver Acer - API Ergo USB K/B, kemudian klik Next

Cara Disable/Nonaktifkan Keyboard Internal Laptop

7. Apabila muncul pesan Update Driver Warning seperti pada gambar di bawah ini, klik Yes saja karena kita memang sengaja menginstall driver yang tidak sesuai/compatible.

Cara Disable/Nonaktifkan Keyboard Internal Laptop

8. Tunggu hingga proses installasi driver keyboard incompatible selesai dan klik Finish. Setelah klik Finish, anda akan diminta untuk merestart laptop/netbook anda, klik saja Yes. Ketika komputer melakukan restart, silahkan pasang keyboard external dan mouse external karena keyboard maupun touch pad pada netbook/laptop tidak akan berfungsi lagi.

Cara Disable/Nonaktifkan Keyboard Internal Laptop

9. Selamat, keyboard internal untuk netbook/laptop anda sudah didisable, sekarang saatnya anda menggunakan keyboard dan mouse external tanpa harus terganggu dengan keyboard dan touch pad. Anda bisa menempatkan keyboard external di atas keyboard internal karena tombol yang ditekan pada keyboard internal sudah tidak berpengaruh lagi. Selamat mencoba semoga tulisan ini berguna bagi pengunjung blog Teknisi Komputer Denpasar dan bagi yang tidak bisa melakukannya sendiri, silahkan hubungi Teknisi Komputer Denpasar.

14 Comments

  1. terimakasih gan, ni lepi ane huruf i nekan terus,lagi ngetik enak2 tau2 muncul iiiiiiiiii, sebelum ane beli keyboard external ane cb googling dl dan akhirnya dpt nih info.
    tfs y gan.

    ReplyDelete
  2. coba baca artikel ini bro http://teknisikomputerdenpasar.blogspot.com/2013/01/cara-melepas-tuts-keyboard-laptop.html

    ReplyDelete
  3. @anggit, silahkan diinstall ulang saja driver asli bawaannya bro

    ReplyDelete
  4. gan setelah intal ulang kenapa acer saya keyboard tidakb fungsi cara atasinya gimana ya gan?

    ReplyDelete
  5. @service ac, coba masuk ke windows dalam safe mode kemudian hapus semua driver untuk keyboard dan restart ulang agar windows melakukan installai ulang secara otomatis.

    ReplyDelete
  6. keyboard notebook saya yg tombol b ketekan terus tapi tombol yg lain bagus2 aja na saya mau tanyakan cara disable atau cara supaya tombol b supaya gak ketekan gimana ya ?

    ReplyDelete
  7. silahkan ulangi langkah 1 sampai langkah 3, kemudian langkah ke 4 silahkan pilih Install the software automaticlly (recommended) dan klik Next.
    Cara lain : kerjakan langkah 1 dan 2 kemudian pada langkah ke 3 klik kanan pada driver yang tidak kompatible dan pilih uninstall, selanjutnya klik pada menu Action dan pilih Scan for hardware changes, dan biarkan windows melakukan pencarian hardware dan menyesuaikan dengan drivernya, bilah muncul tab Next, silahkan klik Next dan ikuti seterusnya.

    ReplyDelete
  8. itu karena terjadi kesalahan saat pendeteksian keyboard, kemungkinan keyboard bermasalah

    ReplyDelete
  9. mas kalau yang mau di non aktif cuma keyboarnya gmana caranya?

    ReplyDelete
  10. mau tanya kalau cara ngembalikan keyboard dan touch pad yang disable gimana ya gk bisa berfungsi ngetik dan laen2 mati2 cara ngembalikan lagi supaya normal kembali gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada langkah ke 5 diganti pilihan pada Search for the best driver in these location dan pilih folder windows

      Delete
  11. gan,kan aku sudah disable tuh keyboardnya,tapi,kok pada waktu masuk bios/windowsnya ko masih bunyi tuts ya,solusinya dong???

    ReplyDelete
  12. gan,kan aku sudah disable tuh keyboardnya,tapi,kok pada waktu masuk bios/windowsnya ko masih bunyi tuts ya,solusinya dong???

    ReplyDelete

Post a Comment