Mungkin anda sudah puas mencoba dan menjelajahi sistem operasi terbaru dari Microsoft ini yakni Microsoft Windows 8. Setelah kali lalu blog Teknisi Komputer menulis tentang Cara Install Windows 8 Dual Boot, kali ini justru sebaliknya, yaitu untuk menghilangkan atau menghapus dual boot Windows 8 dan meninggalkan single boot Windows 7. Jadi komputer yang sebelumnya terinstall duah buah sistem operasi Windows 7 dan Windows 8, kini dihapus salah satunya yaitu Windows 8-nya dan yang tinggal hanya Windows 7 saja.

Cara Menghapus Windows 8 Dual Boot

  1. Restart Komputer
  2. Pada pilihan Dual Boot OS, jangan pilih Windows 8 atau Windows 7, tetapi pilihlah pada Change Default or Choose other options.
  3. Klik Choose a default operating system
  4. Klik Windows 7
  5. Klik tombol panah ke kiri (Back)
  6. Klik Windows 7 (biarkan komputer melakukan boot)
  7. Setelah masuk windows 7, klik Start dan ketik: msconfig dan tekan Enter
  8. Klik tab Boot
  9. Klik Delete
  10. Klik OK
  11. Klik Restart


Setelah melakukan kesebelas langkah di atas, maka sistem operasi dual boot tidak berfungsi lagi, dan yang ada sekarang hanya sebuah sistem operasi saja yaitu Windows 7.

Meskipun Windows 8 tidak lagi ditampilkan dalam pilihan dual boot, namun file-file sistem operasi Windows masih tetap tersimpan di dalam hard disk, oleh karena itu anda bisa menghapus semua file OS Windows 8 dengan cara memformat partisi D.

1 Comments

Post a Comment