Maksud dari judul artikel Cara Install Windows 8 Dual Boot System adalah menginstall dua buah sistem operasi dalam satu komputer. Dua buah sistem operasi yang digunakan di sini adalah sistem operasi (OS) Windows 7 Ultimate dan Sistem Operasi Windows 8 Pro. Kedua sistem operasi ini saya install dalam komputer dengan spesifikasi sebagai berikut.

  1. Prosesor Dual Core
  2. Motherboard Winsonic
  3. Memori 2 GB
  4. Hard disk 80 GB
  5. VGA Onboard
Sebuah software baru, perlu dilakukan percobaan untuk membuktikan apakah software baru tersebut memang bagus dan bermanfaat. Kali ini software baru adalah sistem Windows 8 yang menjadi sistem operasi tambahan pada sistem operasi Windows 7 yang sudah lebih dulu terinstall pada komputer di atas. Dengan melakukan percobaan installasi maka dengan demikian kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan software tersebut, dalam hal ini adalan Windows 8. Berikut ini adalah cara installasi windows 8 untuk dual boot dengan Windows 7, yang dilakukan dari flash disk.


Cara Install Windows 8 Dual Boot dari Windows 7

  1. Masukan flash disk ke port usb
  2. Jalankan (double click) file Setup pada flash disk
  3. Klik Yes
  4. Klik Install Now
  5. Klik "No thanks" without the updates, windows might not install properly and your computer might be more vulnerable to security threats.
  6. Pilih Windows 8 Pro dan klik Next
  7. Centang pada tulisan I accept the license terms dan klik Next
  8. Click Custom : Install Windows Only (advanced)
  9. Pilih drive dan partisi tempat diinstallnya Windows 8 (contoh : Drive 0 Partition 3 (D:))
  10. Klik Next dan tunggu proses installasi. Proses installasi yang dilakukan adalah : Copying windows file, Getting files ready for Installation, Installing Features, Installing Updates dan Finishing Up. Apabila selama proses installasi, windows melakukan restart, dan meminta memilih sistem operasi Windows 8 atau Windows 7, silahkan klik pada Windows 8.
  11. Pada jendela permintaan Product Key, silahkan ketik product key Windows 8 atau anda bisa klik Skip bila belum memiliki product key.
  12. Ketik nama komputer pada PC Name (contoh : TeknisiKomputer) dan klik Next
  13. Klik Use express settings
  14. Pada jendela Sign in to your PC, silahkan isi username dan password serta passsword hint dan klik Finish.
Proses installasi OS Windows 8 dual boot dengan Windows 7 sudah selesai, semoga artikel ini bisa bermanfaat. Bila anda sudah melakukan installasi Windows 8 namun, anda ingin menghapus Windows 8 yang sudah terinstall, kali berikut akan saya tulis artikel tentang Cara Menghapus Windows 8 Dual boot dengan Windows 7.

Komentar