Membuat Bootable Flash Disk Windows XP - Meskipun Windows XP untuk sekarang ini sudah jarang digunakan, namun masih ada juga yang tetap setia menggunakan Windows XP. Berbagai alasan dikemukakan mengapa tetap menggunakan sistem operasi ini, ada yang mengatakan sudah senang dengan Windows XP dan ada juga mengatakan lebih ringan menggunakan Windows XP dan berbagai alasan lainnya sehingga masih menggunakan OS Windows XP hingga saat ini.


Teknisi Komputer Denpasar juga kelabakan karena mendapat permintaan dari konsumen untuk diinstall Windows XP, sedangkan perbendaharaan installer Windows XP sudah tidak tersedia, akhirnya dibuatkanlah sebuah bootable baru dengan menggunakan media falsh disk. Dari sebuah flash disk dengan kapasitas 2 GB disiapkan untuk membuat Bootable Windows XP, dan berikut adalah cara membuat bootable Windows XP tanpa software tambahan.

  1. Pertama-tama pasangkan/keneksikan/colokan flash disk ke komputer atau laptop anda pada port usb
  2. Klik Start kemudian ketik CMD dan tekan tombol ENTER sehingga muncul seperti pada gambar berikut ini

  3.  Ketik diskpart dan tekan tombol ENTER

  4. Ketik list disk dan tekan tombol ENTER, di sini anda harus menentukan disk mana yang akan anda jadikan bootable Windows XP. Sebagai contoh di sini, ada tiga buah disk yang ditampilkan, yang pertama adalah Disk 0 adalah merupakan hard disk dengan kapasitas 232 GB, sedangkan disk yang kedua adalah Disk 1 merupakan flash disk, namun karena flash disk tersebut masih rusak sehingga tidak ditampilkan kapasitasnya dan hanya muncul status No Media dan size 0 B. Berikutnya Disk 2 adalah merupakan flash disk dengan kapasitas 2000 MB/2GB yang akan dijadikan bootable Windows XP. Untuk memilih disk 2 maka ikuti langkah 5 berikut ini.

  5. Ketik select disk 2 dan tekan tombol ENTER

  6. Ketik clean dan tekan tombol ENTER

  7. Ketik create partition primary dan tekan tombol ENTER

  8. ketik select partition 1 kemudian tekan tombol ENTER

  9. Ketik active dan tekan tombol ENTER



  10. Ketik format fs=fat32 dan tekan tombol ENTER (tunggu hingga 100 percent proses format)

  11. Ketik assign dan tekan tombol ENTER

  12. Ketik exit dan tekan tombol ENTER
Sampai dengan langkah ke 12 ini, flash disk sudah siap dijadikan bootable, selanjutnya sistem operasi apapun dicopykan ke dalam flash disk ini maka sistem operasi tersebut akan menjadi bootable. Oleh karena rencana semula menjadikan bootable Windows XP maka dari itu silahkan copy semua file installer Windows XP ke dalam flash disk ini.

Silahkan coba pasang pada salah satu komputer dan boot dari flash disk, maka terbukti flash disk yang barusan anda buat sudah berubah menjadi bootable flash disk dengan sistem operasi Windows XP. Semoga tutorial ini berguna bagi pengunjung TKD.

Baca juga artikel : Cara Membuat Bootable Windows 7 di Flash Disk

12 Comments

  1. Lam kenal gan..
    Saya mau coba bikin fdisk bootable win xp tapi di diskpart tidak terdeteksi ada fdisk sama sekali padahal di bios dan di explorer terdeteksi.
    Tolong gan solusinya..
    Trims!

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah fdisk tersebut bisa baca tulis dengan baik di explorer bro? karena seharusnya bisa baca tulis dengan baik di explorer tentu bisa terlihat di list disk pada command prompt bro

      Delete
  2. Di explorer atau di diskmgmt.msi kebaca normal tapi di diskpart ga ada..
    Oh iya sy pake OS winXP, kata orang diskpart di winXP belum support fdisk..
    Kalo pake perintah list volume baru fdisk bisa ditampilkan oleh diskpart.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf bro sy sudah tidak pakai windows xp jadinya sy belum pernah alami seperti itu, moga ada pembaca lain yg bisa bantu ya bro

      Delete
  3. Proses diatas sdh saya ikuti tapi di flashdisk tidak ada file apa apa ya mas, apa memang seperti itu, baru saya masukkan file master OS XP buat install kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang seperti bro, setelah langkah ke 12, silahkan baca juga artikel hingga selesai ya. Copykan file master Windows XP ke flash disk tersebut

      Delete
  4. File windowsnya yg sudah ISO ya

    ReplyDelete
  5. sudah saya ikuti langkah nya tapi tetep blm mau boot

    ReplyDelete
  6. Bhro pux link windows xp yg g failed bhro

    ReplyDelete
  7. Sudah sy coba om tp blm berhasil booting. Langkah di atas sdh done sdh auto run. lalu cd boot xp sy copy manual ke fd dan blm berhasil booting

    ReplyDelete
    Replies
    1. supaya bisa baca flash disk, silahkan atur setting di bios untuk first bootnya adalah flash disk

      Delete

Post a Comment