Cara Install Windows 7 Dari Flash Disk - Install Windows 7 dari kepingan DVD sudah biasa, namun kali ini kedatangan seorang saudara membawa netbook Asus, katanya sih hadiah dari hotel tempatnya bekerja. Setelah saya terima dan saya cek ternyata netbook Asus tersebut belum diinstall apapun hanya keluar prompt drive C:\>

DVD External yang biasanya selalu ada dalam tas kerjaku, memang tidak saya bawa sehingga kesulitan untuk melakukan installasi Windows 7 ke netbook tersebut. Saya mencari cara untuk melakukan installasi dari hard disk external. Dengan cara install dari hard disk external yang saya temukan di beberapa artikel online, ternyata tidak dapat mengatasi masalah saya, karena hard disk external saya tidak bisa diaktifkan partisinya.

Bukan teknisi namanya kalau menyerah begitu saja dan membiarkan netbook tidak terinstall. Cara lain dicari yaitu cara install Windows 7 melalui flash disk. Cara install Win 7 dari flash disk juga sudah banyak blogger yang tulis, namun hanya ada satu yang saya coba dan berhasil, dan inilah caranya.
  1. Pasang Flash Disk pada port USB komputer (komputer yang sudah terinstall Windows 7)
  2. Klik Start dan ketik CMD dan tekan ENTER
  3. Ketik diskpart dan ENTER
  4. Ketik list disk dan ENTER (untuk memilih disk)
  5. Ketik select disk 1 dan ENTER (apabila hanya satu harddisk yang terpasang pada komputer maka flash disk adalah disk 1)
  6. Ketik clean dan ENTER
  7. Ketik create partition primary dan ENTER (mengubah partisi flash disk menjadi primary)
  8. Ketik select partition 1 dan ENTER
  9. Ketik active dan ENTER
  10. Ketik format fs=fat32 dan ENTER
  11. Ketik assign dan ENTER
  12. Ketik exit dan ENTER
Cara Install Windows 7 Dari Flash Disk

Setelah selesai melakukan semua perintah di atas, tutup jendela Command Prompt dan copy semua file win7 ke flash disk yang sudah dipartisi dan diformat untuk system operasi Windows 7 tadi.

Eject flash disk dari komputer tersebut dan pasang pada laptop/netbook atau komputer lain yang akan diinstall WIndows 7, kemudian boot komputer tersebut dan masuk ke BIOS untuk mengatur boot dari flash disk.

Proses install selanjutnya sama saja dengan cara installasi Windows 7 pada komputer melalui kepingan DVD. Demikian cara installasi Windows 7 dari flash disk, semoga cara ini berguna bagi pengunjung blog Teknisi Komputer Denpasar.

Bagi yang mau buat bootable Windows XP di flash disk silahkan baca artikel : Cara Buat Bootable Flash Disk Windows XP

Komentar