Lampu Orange Printer Canon iP 2770 Berkedip 5 Kali - Lampu orange pada printer Canon IP 2770 berkedip 5 (lima) kali, pertanda printer tersebut sedang bermasalah. Seperti yang dialami oleh kantor sebelah, ketika menelpon untuk meminta bantuan Teknisi Komputer Denpasar karea printer mereka tidak dapat mencetak dan muncul lampu indikator warna orange berkedip 5 kali.


Apa penyebab lampu indikator berkedip 5 kali, berdasarkan informasi yang diterima Teknisi Komputer Denpasar, munculnya lampu orange berkedip lima kali, setelah salah seorang karyawan menyuntik tinta hitam (black) ke dalam cartridge warna (color). Setelah mendapatkan informasi kesalahan mengisi tinta pada cartridge, saya mencoba melakukan reset printer. Printer yang bermasalah tersebut adalah printer bermerek Canon seri ip 2770.

Cara reset printer Canon ip 2770 berbeda dengan cara reset printer canon 1980. Bila mereset printer Canon 2770, tidak perlu melepas kabel power listrik dari stop kontak, sedangkan cara mereset printer pada Canon tipe ip 1980, kabel power harus dicopot dari stop kontak. Setelah melakukan reset printer, ternyata cara ini belum berhasil memperbaiki printer, proses mencetak belum bisa dilakukan juga meski sudah direset.

Proses reset printer harusnya hanya dilakukan satu kali saja, namun karena penasaran, sehingga proses reset printer dilakukan lebih dari dua kali, namun kesemuanya tidak berhasil. Setelah mereset dan gagal lagi maka langkah selanjutnya menemukan cara melalui google mesin pencari. Ada beberapa cara yang terlihat aneh, namun berdasarkan informasi yang ada pada kolom komentar artikel tersebut, memang berhasil, namun TKD tidak berani mengambil resiko untuk melakukan percobaan perbaikan printer error dengan cara yang tidak lazim, sehingga TKD mencari cara lain untuk memperbaiki printer yang lampu orange berkedip 5 kali.

Cara yang ampuh untuk mengatasi error lampu orange berkedip lima kali adalah dengan membersihkan tinta-tinta yang tercecer di sekitar rel dan tempat parkir cartridge. Selanjutnya ketika memasang cartridge yang sudah disuntik tinta, harus sedikit menekan ke arah pin pada dudukan cartridge. Dengan sedikit menekan shingga membuat koneksi antar pin dan cartridge bisa terhubung dengan sempurna. Dengan cara ini printer Canon ip 2770 kembali normal dan bisa menjalankan tugasnya sebagai pencetak dengan baik. Cara menekan cartridge dapat dilihat dalam ilustrasi gambar berikut. Arah tekanan mengikuti arah panah berwarna merah, serta posisi jari jempol tangan ketika menekan cartridge.

Cara Memperbaiki Printer Canon ip 2770 Berkedip 5 kali


Demikian pengalaman TKD mnangani printer Canon ip 2770 yang mengalami masalah lampu orange berkdip 5 kali. Solusi printer lainnya yaitu printer dengan masalah lampu orange berkedip 16 kali, silahkan baca artikel tentang Cara Memperbaiki Printer Canon Lampu Orange Berkedip 16 Kali. Semoga sharing pengalaman dari Teknisi Komputer Denpasar ini memberi manfaat bagi semua pengunjung blog TKD.

18 Comments

  1. masih kang npa yahh?? di beresihinya sambil di matiin gk?

    ReplyDelete
  2. Makasih........ printer saya oke lagi meski kudu di ganjel kertas sebagai penahan catridge... hehehehe....

    ReplyDelete
  3. trims infonya
    Bagaimana dengan tinta warna merahnya bergaris, warna yang lainnya normal, sdh dilakukan pembersihan berkali-kali?

    ReplyDelete
  4. @Ramludin, kalo ada warna tinta bergaris pertanda ada lobang semprot tinta tersumbat, coba dibantu dengan air panas

    ReplyDelete
  5. Terimakasih banyak, walaupun harus di ganjel catridenya hehehe

    ReplyDelete
  6. Anjayyy akhirnya Ngeprintnya jadi lancar jaya. Terima kasih banyak. Kamu luar biasaaaaa

    ReplyDelete
  7. Min di busa bawah catride itu bnyak tinta..spernya bocor catride...cra bersihinnya gmna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bisa ditempelin / diserap pake kertas tissue

      Delete
  8. tengkiyu bli... pencerahannya, printer okeh kembali, saya bongker n bersihkan rumah kartidnya, ternyata pangkal masalah semuanya disana...

    ReplyDelete
  9. Waah ampuh. Saya udah pusing bolak balik buka cartrige nya .. Di bersihin berkali kali jg gk mau. Tp ngikutin cara masang nya jadi online printernya .. Thank ya ..

    ReplyDelete
  10. Wah. Ampuh. .
    Bener saat memasangnya menekan langsung online

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum kak,, kok print punya saya blum bgus kak
    Kan sdh cobacra2 d atas msih sja blum bgus

    ReplyDelete
  12. Msh blm teratasi jg sesuai panduan diatas gan, mhn infonya... Trm ksh

    ReplyDelete
  13. Untuk tipe ip2770 & carriage yang serupa bisa diganjal bagian atas katridnya. Tepat di tonjolan putihnya (tapi jangan kena tonjolan yg stripnya)

    Atau bisa di ganjal belakangnya.

    Ini biasa terjadi di cariage yang udah mulai kendor. Bisa dilihat pas sudah dijepit, katrid akan miring. Jadi harus d ganjal bagaimana caranya supaya bisa rata / sejajar.

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah , berhasil , tinta berwana yang jadi masalah , saya pakai tinta berwana yang lama dibersihkan dgn air panas , semprot dengan kompresor angin ,atau pompa tangan jadi bisa , 2 minggu macet , macam - macam cara saya coba , ini baru berhasil , semoga teman mencobanya , terima kasih

    saya sudah 8 tahun gunakan printer canon ip 2770 , sering menangani masalah , alhamdulillah bisa teratasi , beli bekas , yang penting cartride kosong yang asli dan masih bagus , di rendam air panas setengah dari tinggi cartrige , semprot dengan angin kopmresor , rendam air panas semprot lagi , isi ulang dengan tinta yang cocok , buat 2 lubang untuk isi tinta dgn soder , agar isi tinta mudah , siap dipasang , dijamin lancar , terima kasih

    ReplyDelete

Post a Comment