Penyebab Kerja Komputer Lambat
Penyebab Kerja Komputer Lambat - ada beberapa faktor yang menyebabkan kerja komputer menjadi lambat, bahkan sangat lambat dan menjengkelkan. Kalau sudah begitu, pasti yang dicari tahu adalah cara agar membuat komputer bekerja menjadi lebih cepat. Menunggu loading komputer yang lambat memang membosankan apalagi sampai lipat tangan sambil tiduran.

Ada banyak penyebab komputer menjadi lambat, namun pada dasarnya ada dua perngkat yang harus diperhatikan yaitu perangkat keras dan perangkat lunaknya. Perangkat keras yaitu fisik komputer itu sendiri serta perangkat lunak adalah software yang terinstall di dalam perangkat komputer tersebut. Kedua perangkat ini bisa menyebabkan kerja komputer menjadi lambat atau kadang dibilang lelet atau lemot.

Berikut ini Teknisi Komputer menyampaikan beberapa pengalaman tentang penyebab kerja komputer menjadi lambat.

1. Komputer Menjadi Lambat karena Kebiasaan


Coba anda perhatikan kebiasaan anda sehari-hari dalam menggunakan perangkat komputer. Hal ini sangat penting untuk menelusuri penyebab lambatnya kerja komputer. Kalau anda setiap hari menggunakan komputer dengan memakai flash disk yang sering digunakan dikomputer yang berbeda, maka kemungkinan penyebab komputer menjadi lambat adalah virus.

Selain kebiasaan menggunakan flash disk yang "tidak sehat", ada juga yang mempunyai kebiasaan download software gratis. Coba pikir, seandainya anda setiap hari bekerja tanpa digaji, apakah anda mau? tentu saja anda tidak akan mau bekerja tanpa di gaji. Begitu juga dengan para pekerja pembuat aplikasi gratisan, mereka juga tidak mau memberikan sesuatu secara gratis secar terus menerus, bisa jadi software yang anda download telah disisipi virus dan software pengganggu lainnya sehingga membuat komputer menjadi lambat.

Kebiasaan berikut adalah kebiasaan menginstall aplikasi terbaru. Kebiasaan ini memang tidak dilarang, namun jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi perangkat keras komputernya juga, karena perangkat lunak dapat bekerja optimal dengan dukungan perangkat keras yang optimal juga. Jangan menginstall aplikasi tingkat tinggi pada komputer yang memiliki spesifikasi minimum, seperti menginstall corel x4 pada komputer dengan memori di bawah 1 GB.

Solusi
  • Scan terlebih dahulu flash disk secara menyeluruh, sebelum digunakan dan gunakan anti virus yang diyakini aman dari virus dan selalu terupdate, bila perlu anti virus berbayar dan jangan anti virus gratisan.
  • Waspadalah selalu saat mendownload file-file gratis dari internet, karena bisa saja file yang didownload tersebut tidak bersih (tidak semua software gratis itu ada software pengganggunya).
  • Bacalah spesifikasi software agar sesuai dengan perangkat keras agar kerja komputer tidak terlalu dibebani sehingga membuat komputer menjadi lambat.

2. Kerusakan pada hardware


Selain kebiasaan yang menyebabkan komputer menjadi lambat, ada faktor teknis lain yang dapat membuat komputer menjadi lambat yaitu ausnya perangkat keras atau rusaknya sebagain perangkat keras. Perangkat keras yang sering membuat komputer menjadi lambat adalah RAM (Random Access Memory) dan harddisk. Kedua memori ini sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses komputer.

Kerusakan pada memori yang membuat komputer menjadi lambat, biasanya karena memori sudah tidak bekerja secara benar didalam mengambil dan mengembalikan data ke prosesor. Apabila proses kerja memori sudah tidak stabil, maka sangat berpengaruh kepada lambatnya kerja komputer.

Solusi

Cobalah ganti kepingan memori dengan kepingan memori yang lain, jangan buru-buru mengganti dengan yang baru, tapi cobalah diganti dengan memori yang berbeda, kalau cukup berpengaruh terhadap kecepatan akses komputer, maka silahkan diganti dengan kepingan memori yang baru tapi kalau masih tetap sama komputer masih lambat sebaiknya coba cek hard disk.

Kerusakan harddisk biasanya dikenal dengan bad sector, bad sector belum ditandai sebagai bad sector namun komputer sudah lambat, hal ini kadang dikarenakan kondisi fisik hard disk yang "hampir bad sector", artinya tidak lama lagi hard disk tersebut akan bad sector. Kalau kondisi ini terus didiamkan maka dapat dipastikan komputer semakin hari akan semakin lambat.

Solusi

Coba ganti dengan hard disk lain, dan install sistem operasi dan aplikasi sesuai dengan harddisk yang menyebabkan komputer lambat. APabila tidak berpengaruh berarti kerusakan bukan pada hard disk cobalah cek kebiasaan anda dalam menggunakan komputer.

Demikian sekilas tentang penyebab kerja komputer lambat. Semoga artikel ini berguna bagi semua pengunjung.

Komentar