Sebelum lebih jauh mempelajari Microsoft Office Excel 2016, bagi seorang pemula, terlebih dahulu wajib mengenal buku kerja (workbook) Microsoft Office Excel 2016 agar ketika didalam membaca artikel tentang Belajar Microsoft Office Excel 2016, ditemukan kata-kata/istilah-istilah didalam Excel, maka seorang pemula tidak lagi kebingunan


Bagi pengunjung yang masih pemula dalam penggunaan Microsoft Office Excel 2016 dan belum tahu cara memulai menjalankan Microsoft Office Excel 2016, silahkan membaca terlebih dahulu artikel Belajar Memulai Excel 2016 Bagi Pemula, kemudian kembali dan lanjutkan membaca artikel ini

Pada artikel kita sebelumnya yaitu Belajar Memulai Excel 2016, kita sudah sampai pada tampilan buku kerja Microsoft Office 2016, berikut adalah tampilannya


Apabila gambarnya kurang jelas, silahkan diklik pada gambar agar bisa terlihat lebih jelas, dan berikut adalah penjelasannya

  1. Pada bagian tengah atas ada tulisan Book1 - Excel, Book1 adalah nama dari buku kerja yang sedang kita buka, sedangkan Excel adalah nama aplikasi yang sedang kita gunakan yaitu Excel 2016
  2. Di bawah daripada nama buku kerja, terdapat Ribbon Tabs, atau Tabulasi Pita atau biasa disebut juga Menu yang terdiri dari File, Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review dll, ini semua adalah perintah-perintah (commands) yang dapatdigunakan ketika kita sedang bekerja dengan buku kerja Office 2016
  3. Bagian bawah dari Commands, terdapat Formula Bar atau baris formula yang berfungsi menampilkan rumus-rumus/data yang ada pada cell active
  4. Cell Active, Lembar kerja Excel terdiri dari sekumpulan cell-cell yang mana cell adalah perpotongan antara baris dan kolom atau dengan kata lain, perpotongan antara baris dan kolom disebut cell. Nah cell active adalah cell yang siap menerima masukan data, ketika user mengetik data maka data tersebut akan ditempatkan di cell active
  5. Columns, atau kolom-kolom dari Excel yang ditandai dengan abjad mulai dari A sampai dengan XFD 
  6. Rows,  atau baris-baris dari lembar kerja Excel yang ditandai dengan nomor mulai dari 1 sampai dengan 1.048.576 
  7. Sheet, merupakan nama lembar kerja dari Excel yang ditandai dengan nama Sheet1.. Sheet2 dst. Nama lembar kerja ini bisa diubah sesuai kebutuhan 
  8. View Mode/Type, atau mode/tipe tampilan lembar kerja Excel, anda bisa mencoba klik salah satu bentuk/tipe tampilan yaitu Normal, Page Layout dan Page Break Preview
  9. Zoom, atau ukuran daripada tampilan lembar kerja Excel. User bisa mengubah ukuran tampilan lembar kerja Excel dengan cara klik pada tanda + untuk memperbesar tampilan atau - untuk memperkecil tampilan atau juga dengan menggeser trackbar ke kiri memperkecil dan ke kanan memperbesar tampilan 
  10. Scroll Bar, disebut batang penggulung karena fungsinya untuk menggulung layar ke atas atau ke bawa, atau juga menggulung layar ke kiri dan ke kanan
Itulah secara garis besar pengenalan buku kerja Microsoft Office 2016 dari Teknisi Komputer Denpasar yang wajib dipahami sebelum lanjut lebih jauh lagi menggunakan rumus-rumus pada Excel, karena istilah-istilah ini akan selalu digunakan

Semoga artikel ini berguna bagi setiap pengunjung yang meluangkan waktu untuk membacanya, dan bila ada kritik/saran silahkan disampaikan melalui kolom komentar

Komentar