Laptop Tidak Bisa Konek Internet - Hari ini Teknisi Komputer Denpasar (TKD) diminta oleh sebuah game center di Denpasar Utara memasang sebuah akses point dirumahnya. Yang mana koneksi internet akan diambil dari game center miliknya. Jarak antara game center dengan rumah pribadinya sekitar 25 meter. TKD datang dengan membawa perlengkapan yang diperlukan seperti kabel jaringan, konektor rj45, crimping tool, tang, palu, klem kabel, Obeng.


Pekerjaan awal adalah memasang kabel sepanjang kurang lebih 40 meter, yang ditarik dari game center ke rumah pribadinya. Proses pemasangan kabel tidak menemukan kendala yang berarti hanya naik turun tangga yang sedikit melelahkan. Akhirnya pemasangan kabel dan konektor selesai dan TKD memulai setting akses point dan testing koneksi internet. Setelah kabel terpasang ternyata lampu indikator LAN tidak terhubung. TKD melakukan pengecekan pada kedua konektor dan memang ditemukan ada masalah di salah satu konektor. Digantilah konektor tersebut dengan konektor baru, dan berhasil lampu indikator menyala.

Setelah lampu indikator menyala dan telah melakukan setting pada akses point, muncul masalah baru dengan koneksi internet. Ketika itu TKD bereksperimen menghubungkan kabel lan ke WAN port. Saat konek ke WAN port, maka dua buah handphone Samsung dan sebuah laptop aple tidak bisa terhubung ke internet, sedangkan sebuah laptop acer dan dua buah handphone (merek saya tidak lihat) terkoneksi dengan baik ke internet. Kemudian kabel dipindahkan ke port LAN, maka kedua hp Samsung dan laptop aple dapat terhubung ke internet sedangkan laptop acer dan dua buah hp tadi tidak bisa konek ek internet.

Perlu diketahui bahwa akses point yang dipasang adalah merek TP-Link dengan tipe TL-WA741ND. Setelah kejadian tersebut di atas, TKD melakukan pengecekan pada setting access point, namun ternyata access point tidak ada masalah. Lalu apa yang menyebabkan laptop dan handphone tidak bisa koneksi ke internet? berikut ini solusinya.

Solusi Laptop Tidak Bisa Konek Internet

Solusi ini hanya untuk masalah yang tejadi seperti yang diuraikan di atas, bila anda belum membaca persoalan di atas, disarankan untuk membaca terlebih dahulu dari awal agar tidak salah persepsi dengan solusi ini.
Pertama yang dilakukan adalah pasang kabel lan pada WAN port, kemudian atur settingan pada laptop maupun pada hp yang tidak bisa konek ke internet. Berikut adalah cara atur ulang koneksi pada hp yang tidak terkoneksi ke internet.

laptop hp tidak bisa konek internet

1. Tekan Menu dan Setting
2. Tekan Wifi
3. Pilih wifi yang akan dilakukan koneksi/koneksi ulang
4. KLik Forget
5. Klik Connect

Dengan lima langkah di atas maka hp yang sebelumnya tidak bisa konek ke internet dapat kembali koneksi ke internet. Untuk koneksi laptop ke internet akan lebih mudah lagi, namun pada prinsipnya adalah melakukan koneksi ulang pada settingan wifi agar ip address yang sudah tercatat sebelumnya bisa berubah ke ip baru setelah proses setting ulang pada access point.
Demikian artikel tentang Laptop dan HP Tidak bisa Konek ke Internet. Semoga berguna!!

Komentar