Belanja memang tidak pernah lepas dari kehidupan kita, sehari-hari tidak pernah lepas daripada yang namanya BELANJA. Kini kita semua dipermudah dengan banyaknya toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar, mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal ada di dunia online.


Meski banyak toko online dan banyak penjual bertebaran di mana-mana, namun sebagai pembeli haruslah bijak dan berhati-hati ketika memilih penjual atau toko online terpercaya dalam berbelanja agar belanja online menjadi menyenangkan bukan malah menyesatkan, karena banyak sekali penjual terpercaya akan tetapi banyak pula penjual yang tidak bertanggung jawab.



Sedikit tips untuk mengenal toko online terpecaya sebelum berbelanja di toko online
1. Perhatikan penilaian terhadap toko online berupa bintang atau badge, sebagai contoh adalah toko online pada Shopee yang memiliki penilaian toko dengan bintang 5 (lima) akan lebih terpercaya daripada toko dengan bintang 1 (satu)
2. Harga produk, ada banyak produk bertebaran di toko online dengan harga yang murah bahkan sangat murah sehingga sudah tidak masuk akal, nah kalau sudah begitu jangan coba-coba untuk berbelanja karena harga yang sudah tidak masuk akal, berarti itu bisa dipastikan hanyalah penipuan, apalagi pada syarat dan ketentuannya tidak mau bertransaksi melalui toko online melainkan bertransaksi melalui medsos seperti BBM, Whatsapp (wa), waspadalah.
3. Biasakan diri untuk baca syarat dan ketentuan dari setiap toko yang kita kunjungi, apabila toko tersebut menyediakan retur/pengembalian barang, maka dapat dipastikan toko tersebut bisa dipercaya.
4. Baca juga komentar dari setiap pembeli pada produk yang tersedia, dari komentar yang ada kita bisa menilai sebuah toko online itu apakah bisa menjadi toko terpercaya atau tidak
5. Belanjalah melalui toko online agar ada perlindungan dana kita dari toko online, karena apabila barang yang dipesan tidak dikirim oleh penjual maka dana yang sudah kita transfer akan dikembalikan utuh ke rekening online kita

Selain kelima tips di atas, masih banyak tips lainnya yang harus diperhatikan agar belanja online menjadi semakin menyenangkan.

Beberapa toko online yang saat ini banyak penggunanya adalah Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak dan masih banyak lagi, semuanya menyediakan berbagai macam produk kebutuhan yang dapat diperoleh dengan mudah, dari mana saja dan kapan saja.

Teknisi Komputer Denpasar (TKD) sering berbelanja online untuk mendapatkan spare part komputer seperti, harddisk, keyboard, mouse, vga card, memori, printer, monitor, flash disk, camera cctv dan masih banyak lagi di toko online karena harganya relatif lebih murah dan sekaligus memanfaatkan program gratis/free ongkos kirim (ongkir) dari berbagai toko online seperti Shopee.

Selain peralatan komputer, toko online juga menyediakan beragam produk kebutuhan rumah tangga dan fashion, seperti tas, sepatu, pakaian dan lain sebagainya, baik produk lokal maupun produk import. 

Semoga sedikit tips ini bisa membuat kegiatan berbelanja online anda semakin menyenangkan, selamat berbelanja !

Komentar