Hasil Cetak Printer Tidak Lurus - Solusi mengatasi hasil cetak printer tidak lurus ini merupakan solusi yang didapat dari permasalahan yang ditemui pada sebuah printer milik SMA Kertha Wisata Denpasar, yang hasil cetak printernya tidak rata alias naik turun tidak beratur. Sebenarnya apabila dilakukan print test page dari printer properties hasilnya tidak ada cacat, namun ketika mencetak sebuah tabel yang diketik pada Microsoft Office, di sini terlihat hasilnya tidak karuan dan tidak lurus.


Lalu apa sebabnya sehingga printer tidak bisa menghasilkan cetakan yang lurus, padahal cartridge sudah diganti dengan cartridge yang baru. Itulah pertanyaan yang sempat dilontarkan pegawai di sana kepada saya ketika itu. Saya pun melakukan pengecekan awal, dan langkah pengecekan ini juga dapat dilakukan oleh anda sendiri di rumah, di kantor atau dimanapun anda berada bersama printer anda. Berikut adalah hasil cetak printer Canon Pixma iP 2770 yang tidak lurus, dan dari hasil cetak ini membuktikan bahwa ada masalah pada printer ini, dan kemungkinan paling besar adalah kotornya encoder printer.




Dimanakan letak encoder pada printer jenis Canon iP 2770 ini yang dikatakan kotor sehingga dapat menyebabkan hasil cetakan tidak lurus ? berikut ini adalah cara mengatasi printer yang hasil cetaknya tidak lurus.

1. Matikan printer Canon anda
2. Buka cover printer (sama seperti membuka cover ketika mengganti cartridge)
3. Perhatikan di bagian belakang cartridge ada sebuah benda semacam pita bening yang terbentang dari bagian kiri printer hingga ke sebelah kanan. Pita bening inilah yang dinamakan encoder yang berfungsi membuat garis vertikal. Apabila pada encoder tersebut terdapat bercak tinta, silahkan bersihkan dengan selembar tisue secara perlahan hingga bersih.


4. Tutup kembali cover printer
5. Hidupkan printer dan coba cetak sebuah tabel
6. Selesai

Dari praktek untuk mengatasi solusi printer yang hasil cetakan tidak lurus di atas sudah terbukti ketika Teknisi Komputer Denpasar mempraktekan pada printer milik SMA Kertha Wisata. Setelah melakukan pembersihan pada encoder printer Canon ip 2770, dan dilakukan percobaan mencetak, hasilnya sangat memuaskan. Hasil cetakan yang sebelumnya tidak lurus dan naik turun kini sudah kembali normal.

Demikianlah artikel dari Teknisi Komputer Denpasar kali ini tentang memperbaiki printer yang hasil cetakan tidak lurus.

4 Comments

  1. ini yang dari jaman dulu yang bikin saya pusing, terselesaikan juga. terimakasih banyakkkkkkk

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sangat membantu sekali artikelnya.

    ReplyDelete
  3. bravo mass...semoga ilmunya berkah :)

    ReplyDelete
  4. saya punya epson m100 pita encoder udah saya bersihkan dan ganti baru pita encoder ama headnya tp kok hasilnya buat mencetal tabel kok gak bisa lurus ya

    ReplyDelete

Post a Comment