Pagi ini Teknisi Komputer Denpasar mendapatkan pasien yang berlangganan internet speedy dengan menggunakan modem TP-Link TD-W8101G. Permasalahannya bukan kerusakan modem sehingga tidak bisa koneksi internet, melainkan yang perlu dilakukan adalah mengatur ulang batas pengguna internet pada modem tersebut, karena sebelumnya sudah diatur penggunanya hanya 3 perangkat, kini bertambah lagi satu perangkat sehingga perlu diatur ulang settingan IP Pool Count-nya.


Persoalannya bukan tidak tahu cara setting IP Pool melainkan, username dan password untuk login ke Web base setting modem sudah dilupakannya, sehingga dibutuhkan untuk mereset modem tersebut agar bisa kembali normal dan dapat mengubah settingan agar semua perangkat dirumahnya bisa menggunakan internet secara bersama-sama. Apabila anda mengalami masalah sama seperti "pasien" Teknisi Komputer Denpasar hari ini, dan belum tahu cara reset modem speedy TP-Link TD-W81001G, berikut ini caranya.

1. Lepaskan kabel LAN yang terhubung ke modem, kecuali kabel power
2. Siapkan paper clip/peniti/pentul atau alat lain yang serupa
3. Gunakan paper clip/peniti/pentul untuk menekan tombol reset yang berada di bagian belakang modem. Tekan tombol reset dan tahan hingga kira-kira 15 detik kemudian lepas (lihat gambar tombol reset)



4. Pasang kembali kabel LAN langsung dari modem ke komputer
5. Atur IP address untuk komputer menjadi 192.168.1.2 (bisa lainnya 192.168.1.3-255, asal jangan 192.168.1.1)
6. Jalankan web browser di komputer anda
7. Ketikkan pada address bar, IP address default dari modem TP-Link TD-W8101G yaitu 192.168.1.1 dan tekan ENTER
8. Ketik username dan password default modem yaitu username : admin dan password : admin dan klik OK
9. Setelah masuk pada jendela web base setting lanjut ke langkah 10 untuk memasukkan username dan password
10. Klik menu Interface Setup dan pilih Internet
11. Atur virtual circuit sesuai dengan yang disarankan dari pihak telkom, kalo anda tidak tahu atau masih ragu silahkan hubungi nomor 147 pelayanan speedy. Atur juga VPI dan VCI (biasanya otomatis setelah mengubah Virtual Circuitnya.
12. Sesuaikan Encapsulation ISP menjadi PPPoA/PPPoE
13. Ketik username untuk koneksi internet speedy yang diakhiri dengan @telkom.net (mis. 1234567879123@telkom.net)
14. Ketik juga password yang didapat saat mendaftar berlangganan internet speedy (apabila anda lupa password ini, maka anda harus menyiapkan foto copy KTP kemudian harus mengajukan reset password ke kantor Telkom, apabila anda menelpon dan menanyakan password langganan speedy maka akan diberikan 3 digit terakhir saja)
15. Klik menu LAN
16. Perhatikan pada bagian DHCP Server dan atur starting IP address menjadi 192.168.1.2 dan IP Pool Count menjadi 100 (atau seusui keinginan anda)
17. Klik Save

Perlu diingat bahwa pada langkah ke 17 tersebut di atas adalah mengatur berapa banyak perangkat yang boleh mengakses inernet melalui modem TP-Link TD-W8101G tersebut, apabila anda hendak membatasi pengguna tidak lebih dari 10 orang maka sebaiknya IP Pool Countnya hanya 10 saja, hal ini dapat mempercepat akses internet, karena semakin banyak menggunakan modem yang sama maka semakin lambat akses internetnya.

Sekian dulu tulisan tentang cara reset modem speedy TP-Link TD-W8101G, semoga artikel ini bisa berguna bagi semua pengunjung blog Teknisi Komputer Denpasar yang sempat membaca artikel ini.

7 Comments

  1. Mantap gan, masalah teratasi. Makasih

    ReplyDelete
  2. setelah di reset username psti kembali ke default yaitu admin, selanjutnya login ke halaman administrator dan ganti username admin menjadi user name yang baru dan juga passwordnya bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti proses resetnya belum berhasil bro, coba ulangi reset dengan rentang waktu yg lebih lama lagi, misalnya 20 18 hingga 20 detik bro

      Delete
  3. kok saya juga mengalami yg sama dan udah teken tombol resetnya sama, masih gak bisa yaaa pada username dan pw default "admin"

    ReplyDelete
  4. @novita, coba lihat di buku panduan cara reset modemnya kalo belum bisa

    ReplyDelete
  5. @anonim, apabila langkah restart yang benar maka ketika akses ip 192.168.1.1 akan berhasil, kecuali ip default modemnya berbeda. Coba caritahu ip default modem anda di internet dengan mengetikkan kata kunci ip default nama modem anda. smg membantu

    ReplyDelete

Post a Comment