Kamis, 20 Desember 2012

Windows XP Tidak Bisa Masuk Desktop

Hari ini Teknisi Komputer kedatangan pasien sebuah netbook Acer Aspire One dengan spesifikasi CPU Intel Atom N450 1,66 GHz, 512 KB Cache dengan memori 1 GB dan Harddisk 160 GB, yang mengalami masalah sistem operasi Windows XP sp3 tidak berfungsi dan tidak bisa masuk ke desktop sehingga perlu diservis. Setiap kali komputer restart, tidak ada pesan kesalahan apa-apa, bahkan bunyi nada login terdengar seperti biasa, namun beberapa detik kemudian bunyi nada logout windows dan kembali ke login menu.


Solusi Windows XP Tidak Bisa Masuk ke Desktop


Awalnya menurut Teknisi Komputer, netbook Acer ini hanya perlu repair sistem operasi saja pasti sudah bisa kembali normal, namun pada kenyataannya setelah melakukan repair terhadap os Windows XP ternyata tidak mampu mengatasi persoalan, Windows masih belum juga masuk ke desktop. Langkah ini akhirnya gatot alias gagal total.

Langkah berikut dilakukan yaitu dengan melakukan install ulang sistem operasi Windows menggunakan Windows XP sp2. Proses installasi windows hingga selesai berhasil. Meskipun berhasil, persoalan netbook ini belum selesai karena penyebab tidak tidak masuknya windows ke desktop belum ditemukan. Langkah selanjutnya proses installasi anti virus terbaru Avast Free Anti virus kemudian melakukan scanning virus dan ternyata ditemukan lebih dari 350 file yang terserang virus, kesimpulannya ulah viruslah yang membuat laptop/netbook Acer tidak bisa masuk ke desktop.

Setelah scan dan menghapus semua file yang terserang virus, netbook yang tadinya sudah normal, kembali tidak bis amasuk ke desktop alias selalu kembali ke login menu. Oleh karena diperkirakan virus sudah dibersihkan, maka netbook ini apabila direpair maka akan kembali normal, namun setelah dilakukan proses repair yang kedua kalinya eh ternyata tetap tidak bisa masuk desktop.

Langkah terakhir adalah melakukan installasi ulang dan mempartisi ulang harddisk kemudian melakukan installasi ulang. Proses yang terakhir ini barulah netbook yang tadinya tidak bisa masuk desktop kini sudah bisa dan untuk sementara sudah terbebas dari kerusakan, semoga bisa bertahan lama dan tidak mudah diserang virus lagi.

0 komentar:

Poskan Komentar