Penggunaan sumber daya printer secara bersama dalam jaringan sangat baik karena bis amenghemat biaya pengadaan printer, karena meski hanya memiliki satu printer bisa digunakan secara bersama dalam jaringan. Meskipun memberikan keuntungan dalam hal penghematan biaya, namun untuk pemakaian printer dalam jaringan, dibutuhkan koordinasi antar pengguna printer sehingga penggunaan printer bisa berjalan dengan baik.


Tips Menggunakan Printer  Bersama Pada Jaringan

Tips Menggunakan Printer Bersama pada Jaringan

Printer yang sudah di share, tentu dimanfaatkan oleh siapa saja untuk mencetak dari semua komputer yang terhubung ke jaringan yang sama dengan printer. Oleh karena itu dibutuhkan tips untuk menggunakannya agar sharing printer bisa memberi manfaat. Berikut tipsnya.

1. Mencetak kertas polos

Untuk mencetak pada printer yang dishare untuk digunakan bersama, sebaiknya menggunakan kertas polos yang terpasang pad aprinter, agar siapa saja boleh mencetak dan kapan saja bisa melakukan proses pencetakan.

2. Tidak Mencetak Pada Kertas Khusus

a. Tidak mencetak foto pad akertas foto. Tidak mencetak foto bukan berarti tidak boleh mencetak foto pada printer yang telah di share, melainkan boleh mencetak foto asalkan yakin bahwa, pengguna komputer lain tidak sedang cetak juga saat kita akan mencetak foto. Mencetak foto berarti menggunakan kertas khusus foto, sehingga apabila kertas foto yang sudah terpasang pada printer kemudian data yang tercetak adalah ketikan naskah biasa yang seharusnya tercetak di kertas polos kan sangat merugikan, mengingat kertas foto cukup mahal.

b. Tidak Mencetak Kertas Berkop, kertas form. Sama halnya dengan mencetak foto, mencetak pada kertas kop (kop perusahaan dan sejenisnya), kertas form, juga membutuhkan koordinasi kepada sesama pengguna printer agar tidak terjadinya tabrak data saat proses pencetakan.

Khusus tips nomor 2 di atas, apabila harus melakukan pencetakan pada kertas khusus, sebaiknya koordinasikan kepada sesama pengguna printer agar tidak mencetak dulu hingga proses pencetakan menggunakan kertas khusus selesai, barulah boleh mencetak.
Alangkah lebih baiknya, apabila mencetak foto, kertas form dan kertas berkop sebaiknya dilakukan pada printer yang tidak di share.

Artikel ini sengaja saya tulis di sini untuk mengingatkan kita semua didalam penggunaan printer secara bersama dalam jaringan, karena saya sendiri pernah mengalami persoalan saat mencetak nama untuk sebuah sertifikat yang sudah ditandatangani, namun justru bukan nama yang tercetak ke form sertifikat tapi naskah yang dicetak oleh orang lain pada printer yang sama, memenuhi halaman sertifikat.

Semoga artikel ini berguna

Komentar