Driver sama saja dengan sopir yang keberadaannya sangat dibutuhkan, sebagai sopir kendaraan sangat membutuhkan seorang sopir begitu juga dengan software, sopirnya adalah software driver yang harus diinstall karena setiap perangkat memiliki driver tersendiri karena produsennya pun berbeda-beda sehingga sangat idperlukan software driver untuk dapat memfungsikan perangkat komputer secara optimal.


Netbook Acer Aspire One juga memiliki software driver yang diperoleh saat membeli netbook/laptop yang tersimpan di dalam sebuah kepingan compact disk (CD)/CD-Driver. CD Driver ini digunakan setelah selesai melakukan installasi sistem operasi pada netbook/laptop, dan berikut adalah cara installasi driver pada netbook Acer Aspire One N450.

Cara Install Driver Netbook Acer Aspire One pada Windows XP SP2

  1. Masukkan CD Driver pada CD/DVD-Drive
  2. Klik Start
  3. Klik kanan pada My Computer dan pilih Properties
  4. Klik tab Hardware
  5. Klik Device Manager
  6. Lihat pada Other Devices (perangkat yang belum dikenal) ada beberapa komponen yang belum terinstall driver yang ditandai dengan tanda tanya (?) dan tanda seru (!)
  7. Klik kanan pada salah satu perangkat yang belum terinstall driver tersebut (misalnya : Network Adapter) kemudian pilih Update Driver
  8. Klik pada lingkaran kecil No, not this time dilanjutkan klik Next
  9. Klik Next (pastikan pilihan pada Install the software automaticlly (Recommended)
  10. Tunggu hingga proses update driver menampilkan driver yang sesuai dengan perangkat yang terpasang kemudian klik Next (komputer melakukan installasi driver)
  11. Klik Finish
  12. Ulangi langkah ke 7 hingga 11 untuk menginstall driver untuk masing-masing komponen lainnya hingga selesai

Diatas adalah cara installasi driver netbook Acer Aspire One N450, meskipun proses installasinya pada Acer Aspire One, proses ini juga dapat dilakukan pada netbook merek lain, laptop dan perangkat komputer desktop. Silahkan diikuti langkah demi langkah agar tidak melakukan kesalahan. Semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung Teknisi Komputer, tempat servis komputer panggilan Denpasar.

Komentar