Siapa sih yang belum kenal perangkat komputer yang satu ini, bahkan setiap hari digunakan untuk koneksi internet yaitu modem. Modem banyak macamnya, dan disaat membeli modem kadangkala orang tidak tahu arti yang tertera di sisi modem, oleh karena itu blog Teknisi Komputer mencoba menjelaskan arti tentang istilah yang ada di bada modem maupun di pembungkus modem.


GSM


GSM mempunyai kepanjangan adalah Global System for Mobile Communication. GSM merupakan salah satu teknologi komunikasi bergerak yang sifatnya digital yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi (Super High Frequency) dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dipancarkan akan sampai pada tujuan. Teknologi ini banyak diterapkan pada telepon seluler. Provider telpon seluler yang menggunakan teknologi GSM di Indonesia contohnya, Telkomsel, Indosat, Tree, XL, Axis dan lainnya.

CDMA


Anda mungkin secara sengaja atau tidak sengaja pernah mendengar modem CDMA. Berbeda dengan modem GSM, CDMA kepanjangannya adalah Code Division Multiple Access yang berarti sebuah bentuk pemultipleksan (bukan sebuah skema pemodulasian) dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu atau frekuensi, namun dengan cara pengkodean data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan multiplexing. Contoh modem CDMA adalah Flexy, Starone dll.

GPRS

GPRS singkatan dari General Packet Radio Service adalah teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data (CSD). Teknologi ini memungkin pengguna memanfaatkan teknologi GPRS untuk mentransfer paket data berupa email, MMS, WAP dan WWW.

Edge

Edge singkatan dari Enhanced Data Rate for GSM Evolution merupakan teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. Tujuan mengembangkan teknologi ini agar meningkatkan kemampuan kcepatan transmisi data serta memungkinkan penggunaan aplikasi baru.

HSDPA

High Speed Downlink Packet Access adalah sebuah protok telepon genggam. Teknologi HSDPA sering disebut dengan teknologi 3,5 G. Teknologi HSDPA berkecepatan transfer data lebih cepat 5 kali daripada WCDMA (wideband CDMA). Anda pasti pernah melihat koneksi HSDPA pada modem anda, pasti berbeda jika dibandingkan dengan menggunakan modem dengan koneksi Edge dan UMTS.

UMTS

UMTS atau Universal Mobile Telecommunications System adalah salah satu teknologi telepon seluler yang biasa dikenal dengan 3G. Sekarang ini bentuk yang paling banyak digunakan adalah WCDMA yang distandarisasi oleh 3GPP.

Dari beberapa istilah di atas, seharusnya anda sudah bisa paham apabila sedang menggunakan modem. Kalau belum sempat perhatikan koneksi modem saat digunakan, setelah membaca istilah di atas, sekarang coba perhatikan koneksi modem yang sedang anda gunakan pada aplikasi modem. Biasanya tertera jenis koneksi yang sedang berjalan, apakah itu Edge, UMTS atau HSDPA. Bila koneksi terjadi pada Edge, dapat dipastikan bahwa akses internet akan sangat lambat. Untuk koneksi pada mode UMTS kecepatan diantara Edge dan HSDPA, sedangkan koneksi tertinggi hanya terjadi pada HSDPA.

Semoga dengan mengenal istilah pada modem ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Komentar