Seorang teman datang dengan menenteng laptop hendak meminta pertolongan untuk diisntall anti virus Kaspersky, file saya kena protek Kaspersky jadi tolong install antivirus Kaspersky supaya bisa membuka proteksi file saya, begitu katanya ketika hendak meminta tolong TKD. Bingung juga sih awal mendengar penyampaian seperti itu dari teman, TKD mencoba mencari tahu kenapa sampai teman ini menyampaikan seperti itu




Teknisi Komputer Denpasar (TKD) mencoba menggali keterangan lebih lanjut mengenai file yang katanya terproteksi oleh Kaspersky itu. Apa yang terjadi dengan filenya, katanya ketika flash disk dimasukkan ke port usb pada laptop tiba-tiba saja semua filenya berubah menjadi "Your file Secured By Kaspersky" kemudian di klik tidak bisa dibuka lagi, jelasnya.

TKD langsung menyimpulkan bahwa ini pasti kerjaan virus tapi kenapa menggunakan nama Kaspersky, setelah menerima flash disk yang diberikan dan dipasang pada port usb PC TKD dan melihat isi file yang ada, ternyata bahwa file dengan nama file Your File Secured By Kaspersky berekstensikan Bat. Semakin curigalah TKD akan file ini, kemungkinan file ini hanyalah kamuflase agar pemilik flash disk menyangka bahwa filenya dilindungi atau diproteksi oleh Kaspersky.

TKD mencoba mencari keberadaan file sesungguhnya yang kemungkinan disembunyikan virus ini, dan memang benar file-file serta folder data dari flash disk sudah tersimpan di dalam sebuah folder baru buatan si virus Kaspersky ini bernama System Volume Information.

Cara Mengatasi Your File Secured By Kaspersky

1. Pasang flash disk pada komputer atau laptop yang memiliki antivirus selalu terbarukan/terupdate
2. Scan flash disk tersebut dengan antivirus yang ada pada komputer tersebut (antivirus gratis juga cukup tidak harus antivirus berbayar)
3. Copykan semua file yang ada pada folder System Volume Information (dalam flash disk) dan simpan pada komputer (backup)
4. Format flash disk tersebut
5. Kembalikan file dan folder backup ke flash disk yang sudah diformat tadi
6. Selesai

Kenapa virus ini menggunakan nama Kaspersky, kemungkinannya adalah si pembuat virus mengharapkan dengan menggunakan nama sebuah anti virus ternama ini bisa mengecoh pengguna komputer dan mengira bahwa filenya benar-benar dilindungi oleh Kaspersky karena ada virus lain yang berusaha menyerang filenya, sehingga penguna pun tidak berani menghapus file buatannya dengan demikian virus semakin merajalela di dalam komputer atau laptop

Demikian cara menyelamatkan data atau file yang terproteksi oleh Kaspersky dengan membuat sebuah file baru dengan nama Your File Secured By Kaspersky. Semoga berguna bagi semua pembaca

1 Comments

  1. gimana cara copynya gan?filenya masi kekonci abis di scan

    ReplyDelete

Post a Comment