Laptop Tidak Bisa Langsung Masuk Windows - Kasus Laptop tidak bisa langsung masuk Windows seperti ini bisa saja tidak hanya terjadi pada laptop akan tetapi bisa juga terjadi pada komputer desktop maupun all in one pc. Teknisi Komputer Denpasar (TKD) menemukan persoalan terjadi pada laptop dengan merek Toshiba Satellite L745. Ketika pertama kali dihidupkan selalu muncul pesan pilihan Windows 7, padahal dalam laptop ini tidak diinstall dual boot, hanya satu boot system yaitu Windows 7 Ultimate.

Laptop Tidak Bisa Langsung Masuk Windows

Oleh karena setiap kali dihidupka laptop tersebut selalu muncul pesan pilihan Windows 7 seperti dual boot, maka tidak bisa langsung masuk ke Windows, melainkan harus menekan tombol enter untuk mengeksekusi sistem operasi Windows 7. Pada kesempatan pertama TKD mencoba menekan tombol enter sehingga sistem operasi berjalan dan masuk ek Windows dengan normal. Namun meski tampilan terlihat normal, ketika di dibuka windows explorer dan klik salah satu folder selalu masuk ke folder PerfLogs. Folder apapun yang diklik selalu diarahkan ke PerfLogs, otomatis kita sebagai pengguna komputer akan kesulitan menemukan file-file yang dibutuhkan. Akhirnya TKD mencoba untuk mengetasi masalah sistem operasi Windows tidak bisa langsung masuk dengan beberapa cara berikut.

Solusi Mengatasi Laptop Tidak Bisa Langsung Masuk Windows

Langkah pertama yang diambil TKD ketika itu adalah, melakukan backup semua data yang ada di harddisk laptop, baru kemudian melakukan install ulang sistem operasi Windows. Kenapa harus tindakan ini diambil, karena menurut perkiraan TKD kerusakan mungkin terjadi pada sistem operasi. Namun pada saat melakukan proses installasi, tiba-tiba terdengar bunyi beep panjang seperti salah satu tombol keyboard yang tertekan dan saat itu juga proses installasi terhenti. TKD pun berusaha menekan beberapa tombol pada keyboard agar proses installasi dilanjutkan dan memang benar saja proses installasi terus berlangsung hingga selesai

Setelah proses installasi selesai dan ketika laptop dilakukan restart sistem operasi Windows, masih saja muncul pilihan Windows 7 seperti pada dual boot. TKD pun sudah menduga bahwa kegagalan sistem operasi langsung masuk adalah karena disebabkan salah satu atau beberapa dari tombol keyboard yang mengalami kerusakan sehingga Windows tidak bisa langsung masuk.

Keputusan terakhir adalah melakukan pembongkaran keyboard laptop, dan sebelum menggantinya dengan keyboard laptop yang baru, TKD mencoba menjalankan laptop dengan memanfaatkan USB keyboard milik komputer desktop. Setelah memasang keyboard USB pada port USB laptop, dan mencoba boot laptop dan ternyata benar bahwa windows tidak lagi muncul pilihan WIndows 7 seperti dual boot melainkan langsung masuk ke desktop Windows 7.

Stelah selesai melakukan installasi Windows dan aplikasi, barulah TKD membelikan keyboard laptop Toshiba Satellite L745 yang baru sebagai pengganti keyboard yang telah rusak sehingga menyebabkan Laptop tidak bisa langsung masuk ke Windows 7. Demikian artikel kita kali ini, semoga bisa membantu saudara untuk mengatasi laptop anda apabila mengalami masalah yang sama.

Komentar