Laptop Tiba-Tiba Mati Ketika Dihidupkan - Ada banyak penyebab yang membuat laptop mati secara tiba-tiba, diantaranya virus, ausnya komponen elektonik serta tingginya suhu pada prosesor maupun motherboad. Untuk mengetahui penyebab pasti lapto sering mati secara mendadak, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, agar kerusakan dapat diperbaiki dengan benar.


Pada beberapa kasus, laptop mati tiba-tiba setelah dihidupkan beberapa menit, namun ada juga laptop tiba-tiba mati ketika laptop baru dihidupkan, atau laptop mati ketika proses pembacaan sistem operasi Windows, seperti yang dialami oleh seorang teman yang menggunakan laptop Acer Aspire.

Ketika Windows sedang loading, laptop secara tiba-tiba mati total, layar gelap dan lampu power juga padam. Untuk mengetahui kerusakan laptop dengan gejala demikian, mari kita lanjut dengan melakukan beberapa percobaan untuk mengetahuinya.

Langkah awal yang dilakukan adalah, restart laptop kemudian masuk ke sistem BIOS, dan tunggu beberapa lama, apabila selama kurun waktu tertentu laptop tetap hidup berarti kerusakan bukan karena panasnya prosesor atau motherboard, dan apabila laptop tetap mati meski hanya berjalan pada tampilan BIOS maka dapat dipastikan kerusakan terjadi disekitar motherboard dan prosesor.

Selain cara di atas, anda juga dapat menguji kondisi laptop dengan menggunakan sistem operasi yang sudah terpasang pada kepingan compact disk (CD). Boot dan jalankan OS Windows dari CD atau flash disk kemudian tunggu hingga beberapa lama, dan apabila laptop tidak terjadi mati secara tiba-tiba maka dapat dipastikan kerusakan bisa terjadi pada sistem operasi atau hard disk.

Untuk memastikan kerusakan pada hard disk atau sistem operasi, sebaiknya lakukan pencobaan untuk menginstall ulang OS Windows, apabila tetap tidak bisa juga menyelesaikan masalah, maka kemungkinan besar hard disk rusak. Silahkan ganti hard disk rusak dengan harddisk yang baru kemudian install sistem operasi Windows. Saksikan video membongkar laptop Acer Aspire 4736 berikut ini.




Perlu diingat bahwa ketika loading OS Windows dan ketika itu juga tiba-tiba laptop mati, bisa saja disebabkan oleh kerusakan pada power VGA. Apabila anda sudah mencoba mengganti memori ataupun hard disk dan ternyata laptop tetap mati sendiri, bagi yang berada di kota Denpasar, silahkan menghubungi Teknisi Komputer Denpasar (TKD), segera telpon TKD. Semoga informasi ini berguna bagi para pembaca.

Komentar