Cara Setting Wifi Printer Canon MG3500 Series - Teknologi terus berkembang pesat dan berbagai produk teknologi terbaru bermunculan seiring kebutuhan masyarakat akan teknologi semakin meningkat sehingga membuat setiap orang atau perusahaan untuk menciptakan teknologi terbaik untuk membantu manusia menyelesaikan suatu pekerjaan. Salah satu teknologi terbaru para alat pencetak atau printer adalah mencetak tidak melalui kabel melainkan melalui jaringan wifi.

Koneksi tanpa kabel ini sudah disertakan pada produksi printer Canon MG3500 Series. Keunggulan produk ini adalah tidak membutuhkan kabel untuk melakukan pencetakan karena proses pengiriman data dari komputer atau laptop menggunakan frequensi tertentu melalui jaringan wireless. Dengan teknologi wifi printer, maka printer tidak selalu berdekatan dengan PC atau laptop. Lalu bagaimana cara koneksinya? berikut ini ulasan singkat cara koneksi wifi printer ke komputer atau laptop.

Cara Setting Koneksi Wifi Printer Canon MG3500 ke Komputer

Sebelum melakukan setting pada komputer atau laptop, harus dipastikan bahwa kedua perangkat tersebut, baik printer maupun komputer harus sama-sama memiliki koneksi wifi. Kalau pada komputer desktop untuk saat ini belum disertakan dengan wireless LAN sehingga dibutuhkan perangkat tambahan berupa USB wireless.

Setelah memastikan kedua perangkat telah terpasang wifi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan installasi driver (gunakan CD driver bawaan Canon ketika membeli printer). Masukkan CD ke dalam CD drive dan tunggu hingga jendela setup. Klik Setup dan klik Next. Kemudian saat muncul pilihan setup wireless atau setup menggunakan kabel, silahkan pilih setup wireless.

Ketika hendak melakukan koneksi wifi ke printer, lakukan langikah berikut. Hidupkan printer dan perhatikan lampu power hidup dan lampu wifi (warna biru) hidup dan tidak berkedip.  Silahkan tekan tombol wifi dan tahan sambil perhatikan lampu orange, apabila lampu orange berkedip satu kali, langsung lepas tombol wifi sehingga lampu wifi yang tadinya tidak berkedip berubah menjadi berkedip. Setelah itu lakukan koneksi dengan cara klik Connect dan komputer akan melakukan pendeteksian printer.

Apabila dengan cara ini komputer tidak menemukan jaringan wifi pada printer maka selanjutnya adalah silahkan hubungkan kabel data USB printer antara printer dengan komputer, lalu lakukan setting melalui kabel USB dengan cara berikan tanda centang pada pilihan setting menggunakan kabel USB. Dengan cara ini maka koneksi antara printer dengan komputer sudah selesai, selnjutnya untuk melakukan pencetakan ke printer melalui jaringan wifi tanpa kabel, makamatikan printer dan hidupkan kembali. Printer sudah siap untuk mencetak baik dari kabel maupun dari jaringan wireless.

2 Comments

  1. Kalo mencetak dari hp android dengan wifi bisa gak gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perangkat seperti laptop, handphone, tablet yg punya koneksi ke printer pada jaringan wifi akan bisa melakukan pencetakan printer mg3500

      Delete

Post a Comment