Cara Memperbaiki Printer Tidak Bisa Tarik Kertas - Persoalan printer tidak bisa tarik kertas adalah persoalan sederhana, dan untuk mencaritahu penyebab printer tidak bisa menarik kertas, lumayan sulit karena lokasi roller berada di bagian dalam printer, oleh karena itu dibutuhkan tindakan untuk membuka casing printer agar persoalan atau penyebab printer tidak dapat menarik kertas bisa diketemukan.


Sebelumnya TKD menyampaikan bahwa bagi pembaca yang mengalami kerusakan pada printer secara terus menerus menarik kertas maka silahkan baca artikel Cara Mengatasi Printer Terus Menerus Menarik Kertas. Hari ini Teknisi Komputer Denpasar memperbaiki dua buah printer dengan indikator kerusakan yang sama yaitu printer tidak bisa menarik kertas. Printer pertama adalah Epson namun tipenya saya lupa, yang jelas printer tersebut dapat digunakan untuk scanner dan foto copy. Printer kedua adalah printer Canon Pixma MP 287.

Kerusakan seperti diceritakan di atas bahwa printer tidak bisa menarik kertas dapat diatasi dengan cara sebagai berikut.

1. Membersihkan Daerah Roller Kertas

Untuk membersihkan area sekitar roller kertas tidaklah mudah, oleh karea itu perlu dilakukan pembongkaran casing/cover printer agar dapat lebih leluasa membersihkan area roller tersebut. Perhatikan debu dan kemungkinan benda keras lain yang secara tidak sengaja masuk ke area roller kertas.

Yang perlu diperhatikan adalah plafon rumah tempat diletakkannya printer. Lalu apa hubungannya plafon rumah dengan printer. Ada sobat, apabila plafon rumah sudah mulai lapuk, kemungkinan besar ada kotoran dari plafon rumah yang rontok dan masuk ke area roller kertas. Selain plafon rumah, cek juga benda-benda kecil lain yang dapat masuk ke area roller seperti, paper clip, kepingan kertas dan benda lainnya yang kiranya berada di dekat printer.

Seandainya ada benda asing yang ditemukan dalam area roller kertas, segeralah keluarkan dan bersihkan juga debu dari roller kertas. Apabila tidak menemukan benda asing dalam area roller kertas, maka keruskan mungkin terjadi pada rangkaian roller kertas, seperti gerigi roller yang sudah aus dan lainnya.

2. Mengganti Roller Kertas

Selain hanya dengan membersihkan roller kertas pada cara pertama di atas, sobat dapat juga membongkar komponen roller kertas dan cek, apakah ada gerigi roller kertas yang patah atau aus. Kalau aus atau patah silahkan ganti dengan roller kertas yang baru atau bekas tapi masih layak digunakan.

Demikian dua cara memperbaiki printer yang tidak bisa menarik kertas saat pencetakkan. Semoga artikel ini berguna bagi pengguna printer deskjet.

Komentar