Agar komputer milik anda tidak cepat rusak, berikut ini Teknisi Komputer memberikan tips merawat komputer desktop agar umur komputer desktop lebih panjang digunakan. Sebenarnya merawat komputer itu tidak sulit, namun harus diketahui caranya supaya tidak salah dalam melakukan perawatan, karena teknologi komputer juga membutuhkan perawatan rutin untuk menghindari kerusakan. Bukan berarti setelah mengikuti tips berikut ini, komputer anda tidak akan rusak, melainkan dengan tips ini, paling tidak sudah memperpanjang umur pemakaian sebuah komputer.


Apa sajakah yang harus dilakukan untuk memperpanjang umur sebuah unit komputer? berikut ini adalah tips dari Teknisi Komputer yang sudah sering melakukan perawatan terhadap komputer milik sendiri maupun komputer milik pelanggan.

1. Penempatan Unit Komputer

Lokasi penempatan unit komputer turut berpengaruh terhadap umur sebuah komputer, seperti CPU (Central Processing Unit), biasanya ditempatkan di tempat yang sangat tertutup, jauh dari ventilasi udara yang sehat, komputer juga membutuhkan pertukaran udara, jadi tempatkan CPU di tempat yang berventilasi udara yang cukup, tempat yang luas.

Perangkat komputer tidak boleh tekena sinar langsung dari matahari, untuk menghindari panas berlebih di bagian dalam casing atau ruang dalam CPU. Bila panas berlebih dapat mempengaruhi kerja komputer.

2. Jangan Menutup Ventilasi Udara

Setiap perangkat komputer yang ada, sudah disediakan ventilasi udarah sebagai saluran pertukaran udara agar suhu didalam peraputer tetap terjaga, tidak meningkatkan suhu udara. Ada beberapa orang yang demi keindahan menutup cpu da, monitor dengan kain, hal ini tidak salah, akan tetapi apabila saat digunakan, semua kain penutup komputer harus dilepas, agar tidak sebagai penghalang pertukaran udara pada perangkat komputer seperti CPU, monitor, printer dan lain-lain.

3. Membersihkan Bagian Dalam Casing

Casing sebagai tempat merakit maiboard, prosesor, vga, memori, cd/dvd drive hard disk dan lainnya harus selalu dijaga kebersihannya. Agar kebersihan ruang dalam Casing (CPU), maka secara berkala harus dilakukan pembersihan dari debu yang menempel di dinding Casing maupun pada bagian motherboard dan perangkat lainnya. Bersihkan keping memori, sisi luar dari hard disk, cd/dvd drive dan juga kipas pendingin prosesor. Pada bagian fan, biasanya banyak debuh yang menempel disana, jadi sering-seringlah mengontrol kondisi debu pad abagian ini, apabila sudah terlalu tebal debu yang menempel pada bagian fan, sebaiknya segera membersihkannya.

Demikian tips kita kali ini dari Teknisi Komputer, semoga dengan tips singkat ini bisa membantu pemilik komputer untuk merawat komputernya sendiri, sehingga komputer menjadi lebih awet digunakan. Tips ini dapat dilakukan oleh siapa saja karena tidak membutuhkan keahlian khusus. Selamat mencoba.

Komentar