Senin, 26 November 2012

Cara Sharing Printer Windows 7

Sharing printer berarti bahwa membagi sumber daya printer untuk diakses bersama oleh semua unit komputer dalam jaringan atau yang diatur hak akses oleh jaringan tersebut. Dengan membagi sumber daya printer atau Sharing printer maka setiap komputer yang berada dalam jaringan tersebut dapat mencetak menggunakan printer yang terpasang di komputer anda. Kali ini kita melakukan share printer yang terpasang di komputer yang terinstall sistem operasi Windows 7.


Berikut ini adalah lengkah demi langkah untuk membagi sumber daya printer agar dapat digunakan bersama-sama dalam jaringan.
  1. Klik Start
  2. Klik Devices and Printers
  3. Mungkin saja printer yang terpasang di komputer anda lebih dari satu, silahkan pilih printer mana yang akan dishare, pada jendela Devices and Printers. Sebagai contoh printer printer yang terpasang adalah Canon IP 2700 Series dan printer EPSON LX-300+/II. Yang akan di share adalah printer Canon iP 2700 Series
  4. Klik kanan pada nama printer yang akan di share yaitu Canon iP 2700 Series dan pilih Printer Properties.
  5. Pada jendela Canon iP2700 Series properties, klik tab Sharing.
  6. Klik (centang) pada kotak bertuliskan Share this printer.
  7. Klik OK

Cara Sharing printer pada Windows 7 sudah selesai, selanjutnya anda tinggal menghubungkan mengaktifkan nama printer di masing-masing unit komputer yang akan menggunakan printer secara bersama-sama. Bagaimana caranya? berikut ini cara untuk install printer yang sudah disharing pada jaringan.
Syarat untuk install printer klien adalah baik komputer dan printer yang terpasang pada komputer tersebut, keduanya harus dalam keadaan hidup, jadi komputer dan printer yang disharing harus sedang ON.
  1. Klik Start
  2. Klik Devices and Printers
  3. Klik Add a Printer
  4. Klik Add a network, wireless or bluetooth printer dan tunggu proses pencarian printer yang sudah di sharing dalam jaringan.
  5. Pilih nama printer dalam daftar (Canon iP 2700 Series)
  6. Klik Next
  7. Jika anda mencoba mencetak, silahkan klik tab Print a test page
  8. Klik Next
  9. Klik Finish
Selesai sudah cara sharing dan install printer di client Windows 7, semoga artikel Cara Sharing Printer Windows 7 ini bisa bermanfaat bagi pengunjung setia blog Teknisi Komputer Denpasar.

4 komentar:

  1. saya sudah melakukan sesuai petunjuk yang diberikan....tetapi mengapa ya...??? belum mau juga pada saat di set pada komputer clien muncul pesan printer tidak ditemukan....padahal di kedua komputer tersebut sudah saya instal printer canon pixma ix 6560....mohon bantuannya...NNNNN.........trim's

    BalasHapus
  2. bagaimana cara menghubungkan dua cpu pada satu printer lewat modem speedy

    BalasHapus
  3. mudah amat teorinya ya tp prakteknya susah loading terus n gagal lagi

    BalasHapus