Hari ini Teknisi Komputer Denpasar menerima pasien dengan kerusakan menampilkan layar berwarna biru dengan kata-kata aneh yang sulit dimengerti. Kerusakan model ini dalam dunia kekomputeran dikenal dengan istilah kerennya blue screen. Blue screen ini muncul tidak hanya pada laptop saja tetapi perangkat komputer lain seperti netbook dan komputer desktop juga pernah mengalami masalah seperti ini, yang mana bila saat komputer dihidupkan dan sedang meload windows, ternyata justru pesan error blue screen yang muncul sehingga komputer terdiam dan tidak bereaksi malah diminta untuk melakukan restart.


Setelah melakukan restart, kadangkala bisa berhasil hanya dengan melakukan tindakan kecil seperti restart, namun kadangkala juga meski sudah direstart berkali-kali tetap saja komputer tidak bisa melanjutkan untuk meload windows secara utuh malah hange. Apa kita-kira penyebabnya sehingga komputer bisa menampilkan blue screen? ikuti langkah penyelesaian yang saya laukan hari ini terhadap pasien sebuah laptop berikut ini.

Sesuai dengan pengalaman yang saya alami sebelumnya, ketika muncul blue screen biasanya ada pesan yang kalau saya tidak salah artinya seperti berikut, Pesan ini muncul karena terjadi kesalahan pada komputet ini, apabila ini adalah kejadian yang pertama maka coba restart komputer anda, bila setelah restart, pesan ini tetap muncul maka sebaiknya tanggal perangkat baru yang terpasang atau perubahan yang terjadi dikembalikan pada keadaan sebelumnya.

Dilihat dari pesan tersebut, jelas bahwa pemilik laptop sudah berusaha menjalankan perintah yang pertama yaitu melakukan restart dan ternyata masih tetap muncul blue screen. Langkah berikutnya adalah melepas perangkat yang barusan dipasang atau perangkat tambahan, sedangkan yang terjadi sesungguhnya dalah, pemilik laptop tidak pernah menambahkan perangkat apapun pada laptop tersebut. Janganlkan menambah komponen tertentu, menggunakan saja masih setengah-setengah. Lalu apa penyebabnya ? menurut pengalaman saya, kerusakan bisanya terjadi pada hardware laptop, dan yang paling sering menyebabkan munculnya blue screen adalah memori dan harddisk.

Dilihat dari beberapa pengelaman sebelumnya akhirnya saya coba ganti memori laptop yang rusak dengan memori cadangan untuk service, ternyata setelah di restart setelah melakukan pergantian memori yang baru (baru ganti), ternyata blue screen masih tetap muncul. Oleh karena baru pertama kali setelah pemasangan memori pengganti tadi akhirnya saya coba restrat sekali lagi dan ternyata laptop kembali berjalan normal.

Untuk meyakini bahwa laptop benar-benar sudah kembali normal dan tidak muncul blue screen lagi, saya coba untuk shutdown kemudian dihidupkan lagi. Hasilnya laptop benar-benar sudah tidak muncul blue screen lagi. Semoga artikel tentang Perbaik Laptop Blue Screen ini bermanfaat.

Komputer, laptop, printer anda  butuh perbaikan ? hubungi Teknisi Komputer Denpasar, service komputer, laptop panggilan di kota Denpasar.

Komentar